Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukatif berbasis
android sebagai media pembelajaran Akuntansi siswa kelas X SMK dengan
Aplikasi “Asah Akuntansi” pada kompetensi Jurnal Khusus serta mengetahui
kelayakan game edukatif berbasis android “Asah Akuntansi” berdasarkan
penilaian ahli materi, ahli media dan penilaian dari siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and
Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE.
Tahapannya ada 5 tahap yaitu: 1) Analysis (Analisis), 2) Design (Perancangan), 3)
Development (Pengembangan), 4) Implementation (Implementasi), dan 5)
Evaluation (Evaluasi). Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Media
yang dikembangkan diujicobakan kepada 68 siswa kelas X Bisnis Manajeman
SMK Brigjend Katamso Medan.
Berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media terhadap kelayakan game
edukatif berbasis android “Asah Akuntansi”, skor rata-rata aspek materi adalah
sebesar 4,20 yang dapat dikategorikan “Layak”, aspek media menunjukkan skor
rata-rata 4,57 yang dapat dikategorikan “Sangat Layak”. Respons siswa terhadap
game edukatif berbasis android “Asah Akuntansi” sebagai media pembelajaran
menunjukkan rata-rata keseluruhan 4,27 yang dapat dikategorikan “Sangat
Layak”. Dengan demikian game edukatif “Asah Akuntansi” berbasis android yang
digunakan Layak dijadikan media pembelajaran akuntansi.