Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa dengan
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Permasalahan
utama yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai hasil belajar siswa mata
Pelajaran IPS kelas IV di SD Negeri 064967 Medan. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adala Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap
siklus terdiri dari II pertemuan, instrument yang digunakan adalah lembar observasi,
catatan lapangan dan tes hasil belajar (post test).
Temuan hasil penelitian ini menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar
IPS kelas IV di SD Negeri 064967 Medan, ini terlihat dalam rangkaian siklus I dan
siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata 70,83, nilai terendah 50 dan nilai tertinggi 100.
Dari 24 siswa yang mengikuti tes siklus I , terdapat siswa mencapai nilai KKM 14 dan
10 siswa belum mencapai nilai KKM, dengan presentase ketuntasan 41,66%. Pada
siklus II nilai rata-rata sebesar 80, nilai terendah 50, nilai tertinggi 100, mengalami
peningkatan yang menunjukkan 20 siswa telah mencapai nilai KKM, dan 4 siswa
belum mencapai nilai KKM, dengan presentase ketuntasan 83,33%.