Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh
Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepuasan Pelanggan
sebagai variabel intervening Pada Supermarket Brastagi Tiara Medan secara
langsung maupun secara tidak langsung. Pendekatan yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pendekatan assosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh karyawan Pada Supermarket Brastagi Tiara Medan. Sampel dalam
penelitian ini menggunakan rumus slovin yang berjumlah 100 orang karyawan Pada
Supermarket Brastagi Tiara Medan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan teknik observasi, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif menggunakan analisis statistik dengan
menggunkana uji Analisis Auter Model, Analisis Inner Model, dan Uji Hipotesis.
Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program software PLS (Partial
Least Square). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara langsung Harga
berpengaruh signfikan terhadap Keputusan Pembelian. Promosi berpengaruh
signfikan terhadap Keputusan Pembelian. Harga berpengaruh signifikan terhadap
Kepuasan Pelanggan . Promosi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan
Pelanggan. Kepuasan Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan
Pembelian. Dan secara tidak langsung Harga berpengaruh signifikan terhadap
Keputusan Pembelian dengan Kepuasan Pelanggan sebagai variabel intervening.
Promosi berpengaruh signfikan terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepuasan
Pelanggan sebagai variabel intervening pada Pada Supermarket Brastagi Tiara
Medan.