Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara variable independen
yaitu preferensi merek dan kepuasan pelanggan terhadap variabel dependen yaitu
minat beli. Penelitian dilakukan pada CV Garuda Mas Motor Binjai. Populasi
penelitian yaitu sebanyak 2510 konsumen, dengan pengambilan sampel dengan
menggunakan rumus slovin, sehingga sampel yang digunakan yaitu 96 orang
pegawai. Teknik analisis data yaitu analisis regresi liner berganda. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa secara terdapat pengaruh positif dan signifikan antara
preferensi merek terhadap minat beli dengan pengaruh langsng p Value 0,000 <
0,05 dan nilai effect size f 1,070 > 0,35 dikategorikan kuat. Kemudian terdapat
pengaruh positif dan signifikan antara kepuasan pelanggan terhadap minat beli
dengan pengaruh langsng p Value 0,000 < 0,05 dan nilai effect size f 0,506 > 0,35
dikategorikan kuat. Pengaruh positif menunjukkan semakin tinggi variabel
independen yaitu preferensi merek dan kepuasan pelanggan akan meningkatkan
minat belinya. Besarnya pengaruh antara variabel independen dan dependen
dengan nilai determinan (R2
) sebesar 63,4%.