Research Repository

PENGARUH METODE MONTESSORI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 104204 TEMBUNG

Show simple item record

dc.contributor.author ARIANI, ADINDA
dc.date.accessioned 2024-07-05T02:37:27Z
dc.date.available 2024-07-05T02:37:27Z
dc.date.issued 2024-04-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24518
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Montessori terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri 104204 Tembung. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif, metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V SD Negeri 104204 Tembung dan yang menjadi sampel pada penelitian ini ialah kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang berisikan 15 butir pernyataan. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan hasil Uji-t (independent sample t test) untuk menguji hipotesis. Dengan hasil perhitungan pada saat penggunaan metode Montessori didapatkan nilai signifikan (2-tailed) ialah 0,000 < 0,05. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Yang artinya bahwa terdapat Pengaruh yang signifikan antara penggunaan Model Montessori Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD Negeri 104204 Tembung en_US
dc.subject Metode Montessori en_US
dc.subject Keaktifan en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.title PENGARUH METODE MONTESSORI TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SD NEGERI 104204 TEMBUNG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account