Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Montessori terhadap
keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SD Negeri 104204
Tembung. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kuantitatif, metode yang
digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen. Populasi pada penelitian ini
ialah seluruh siswa kelas V SD Negeri 104204 Tembung dan yang menjadi
sampel pada penelitian ini ialah kelas VA sebagai kelas kontrol dan kelas VB
sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan angket yang berisikan 15 butir pernyataan. Teknik analisis data
pada penelitian ini adalah dengan menggunakan hasil Uji-t (independent sample t test) untuk menguji hipotesis. Dengan hasil perhitungan pada saat penggunaan
metode Montessori didapatkan nilai signifikan (2-tailed) ialah 0,000 < 0,05.
Sehingga, dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Yang artinya
bahwa terdapat Pengaruh yang signifikan antara penggunaan Model Montessori
Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas V SD Negeri
104204 Tembung