Abstract:
Penelitian ini menggunakan data primer dan
sekunder pemasaran kopi green bean dari anggota petani ke koperasi baburrayyan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui saluran pemasaran Koperasi Kopi
Baburrayyan di Kecamatan Pegasing serta untuk menganalisis margin pemasaran
dan farmer’s share yang didapat petani dan efisiensi pemasaran dari anggota petani
ke Koperasi Kopi Baburrayyan di Kecamatan Pegasing. Data dianalisis dengan
analisa deskriptif dengan pendekatan kualitatif, menggunakan penjumlahan
matematis untuk melihat margin dan efisiensi pemasaran. Dengan mengumpulkan,
mengolah dan mendeskripsikan data yang sudah terkumpul. Hasil penelitian
menunjukan bahwa Koperasi kopi Baburrayyan yang berada di Kecamatan
Pegasing Kabupaten Aceh Tengah memiliki satu saluran pemasaran yaitu dari
petani langsung ke koperasi dan kemudian biji kopi green bean di ekspor kepada
perusahaan utama starbuck yang ada di negara Amerika serikat Selain itu, analisis
margin pemasaran dan farmer’s share menunjukan margin yang efisien yang mana
angka farmer’s share lebih tinggi dari margin pemasaran, serta efisiensi pemasaran
menunjukkan bahwa pemasaran kopi dari petani ke koperasi dinilai efisien, dengan
nilai Ep <1 sedangkan pemasaran belum dikatakan efisien jika nilai Ep >1. Secara
keseluruhan, koperasi memiliki satu saluran pemasara dari petani ke koperasi lalu
di ekspor, serta memiliki margin yang efisien dan sistem pemasaran yang efisien
untuk mendukung petani dalam mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari hasil
panen kopi mereka