Abstract:
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Model Manajemen Kepala Sekolah
dalam mengembangkan kompetensi profesional guru di SMP Nur Adia Tanjung
Selamat Deli Serdang.. dengan jenis penelitian kualitatif, penelitian dilaksanakan
di SMP Nur Adia Tanjung Selamat Deli Serdang. Dengan menggunakan metode
pegumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi dan menggunakan
tekhnik analisis data penyajoan data, reduksi data dan kesimpulan. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa model perencanaan manajemen kepala sekolah
dalam mengembangkan kompetensi profesional guru terlibat dalam starategi
formal yang mana di rencanakan dan di terapkan pada SMP Nur Adia Tanjung
Selamat meliputi kepemimpinan sebagai pendidik kepemimpinan manajer dan
kepala sekolah sebagai pemimpin. Pelaksanaan Manajemen Kepala Sekolah harus
tepat sasaran dengan pembagian kerja yang telah ditetapkan. Berkaitan dengan
Kompetensi guru di SMP Nur Adia Tanjung Selamat. Guru membimbing semua
guru mata pelajaran yang berkaitan dengan peningkatan prestasi dengan
mengadakan penilaian serta pengendalian terhadap kinerja dan Kompetensi guru
secara periodik dan berkesinambungan, mengizinkan untuk guru-guru mengikuti
pendidikan pelatihan agar kemampuan guru makin bertambah dan melaksanakan
pembelajaran bernuansa yakni penuh kasih sayang sehingga dapat meningkatkan
prestasi siswa.Pengevaluasian kepala sekolah mendorong guru untuk kreatif dan
inovatif dengan melakukan beberapa pendekatan terhadap guru-guru dan staf guru
yang berada di SMP Nur Adia Tanjung Selamat. Pengevaluasian yang dilakukan
adalah melakukan Pendekatan-pendekatan dengan cara mengakrabkan diri dengan
guru, misalnya berkunjung ke ruang guru.