Abstract:
Tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka belajar di
sekolah penggerak meliputi aspek perencanaan, pengorganisasian dan
pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara dan
tekhnik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)
Perencanaan kurikulum, melibatkan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, staf,
guru, hingga peserta didik yang mampu beradaptasi dan menaruh minat dalam
pengenalan tentang kurikulum merdeka dan sudah berjalan sesuai dengan
Perencanaan (2) sudah adanya musyawarah dimana saling berkolaborasi dalam
menyusun kurikulum merdeka. (3) Terdapat banyak perubahan signifikan dalam
pelaksanaan kurikulum merdeka. Pengorganisasian yang disusun sesuai dengan
jabatan dan fungsional masing- masing, pengorganisasian juga di susun dari
perangkat pembelajaran modul ajar dan capaian pembelajaran dan elemen
pembelajaran. Pelaksnaan kurikulum merdeka yang senantiasa berusaha
ditingkatkan penerapannya dalam lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Singkohor.
Hal tersebut dapat dilakukan karena kurikulum merdeka dianggap sudah sesuai
dengan kebutuhan global di era sekarang.