Abstract:
Tujuan penelitian untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam
mengembangakan mutu sekolah studi kasus di SMP Negeri 1 Singkohor Aceh
Singkil). Metode penelitian kualitatatif deskriptif dilaksanakan di SMP Negeri 1
Singkohor Aceh Singkil. Tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara dan
dokumentasi dan tekhnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data
dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan
kepala sekolah SMP Negeri 1 Singkohor sudah optimal dengan kerja sama semua
warga sekolah. Rencana strategis yang disusun dalam menciptakan mutu
sekolah secara efektif dan efesien dengan langkah strategi mempunyai
komponen, langkah-langkah strategi yang pertama penguatan kepada SDM guru.
Pelaksanaan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah menerapkan 8
standar yang difokuskan sebagai berikut 1) Standar Kompetensi, 2) Standar
penilaian pendidikan, 3) stndar pendidikan dan tenaga kependidikan, 4)
Kompetensi lulusan 5). Standar sarana prasarana, 6) satandar isi, 7) standar
proses, 8) standar pembiayaan pendidikan. Pengevaluasian kepala sekolah dalam
meningkat mutu sekolah yakni dengan melakukan kunjungan kelas kepala
sekolah akan mengetahui dimana letak kendala yang dialami guru maupun
peserta didik dalam proses belajar di kelas. Kepala sekolah selalu mengupayakan
agar para guru selalu mengikuti perkembangan teknologi dan informasi, dengan
cara kepala sekolah aktif mengikutkan dirinya mupun guru dalam berbagai acara
pendidikan.