Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) gaya kepemimpinan
kepala sekolah di SMK Negeri 2 Rantau Utara, (2) bagaimana kepemimpinan
instruksional kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja sekolah di SMK Negeri 2
Rantau Utara, (3) kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan
kinerja sekolah di SMK Negeri 2 Rantau Utara. Metode penelitian yang digunakan
adalah kualitatif deskriftif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data,
penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) Gaya kepemimpinan kepala
sekolah di SMK Negeri 2 Rantau Utara adalah gaya kepemimpinan Intruksional
dengan menerapkan managemen partisipatif. (2) Kepemimpinan Instruksional yang
di terapkan kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja sekolah adalah fokus pada
kualitas proses dan hasil belajar siswa yang berasal dari pemberdayaan guru,
melakukan pengawasan terhadap proses pembelajaran (monitoring) yang
berdampak pada terjadinya peningkatan pembelajaran yang efektif dan bermakna,
serta secara aktif melakukan perubahan/terobosan untuk menjalin kerjasama
dengan dunia industri maupun instansi terkait. (3) Kendala yang dihadapi kepala
sekolah dalam meningkatkan kinerja sekolah di SMKN 2 Rantau Utara adalah :
kurangnya kesiapan Guru untuk menerima perubahan kurikulum, rendahnya
kemampuan literasi siswa, keterbatasan sarana dan prasarana sekolah, kurangnya
dukungan masyarakat dan orang tua, serta peraturan seputar pendidikan yang sering
kali di nilai tidak sinkron dengan kebutuhan dan kondisi real di lapangan.