Research Repository

EFEKTIVITAS MANAJEMEN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK (STUDI DI SMP NEGERI 7 LANGSA)

Show simple item record

dc.contributor.author M A R I O N O
dc.date.accessioned 2024-07-03T03:44:08Z
dc.date.available 2024-07-03T03:44:08Z
dc.date.issued 2024-03-06
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24494
dc.description.abstract Program Sekolah Penggerak bertujuan dan fokus dalam meumbuhkembangKan prestasi belajar siswa secara menyeluruh dengan implementasi Profil Pelajar Pancasila. Cakupan kompetensi-kompetensi yang di kembangkan adalah kognitif (literasi dan numerasi) serta nonkognitif (karakter). Untuk pencapaian tujuan ini dperlukan sebuah analisa dalam mengukur efektivitasnya. Kemudian melalui metode evaluasi model Countenance Stake yang memfokuskan pada bagaimana tingkat pencapaian dalam pelaksanaan program dengan membandingkan antara hasil observasi dengan kriteria acuan dan menghasilkan keputusan rekomendasi. Subyek dari penelitian evaluasi ini adalah SMP Negeri 7 Langsa yang menerapkan intervensi program sekolah penggerak di sekolahnya. Penelitian ini menggunakan metode evaluatif dengan menggunakan teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Hasil evaluasi Stake menunjukkan bahwa Pada komponen Antecedent (masukan/perencanaan) Program Sekolah Penggerak di SMP N 7 Langsa berjalan secara efektif yang menunjukkan sebuah kesiapan beberapa unsur yang mempengaruhi keberhasilan PSP di SMP N 7 Langsa Sehingga berimplikasi pada manajerial yang sistemik dengan strategi yang matang dalam pencapaian tujuan, Pada komponen Transaction (proses) SMP N 7 Langsa menerapkan PSP dalam empat unsur proses manajemen yaitu planning, organizing, actuating dan controling dan pada komponen Outcome (hasil) telah mewujudkan pencapaian pada setiap tahapan-tahapan programs sebelumnya baik secara manajerial maupun evaluatif. Hasil penelitian evaluasi dengan Model Countenance Stake dapat menunjukkan aspek-aspek yang dievaluasi telah memenuhi standar objektif yang telah ditentukan. Informasi program-program yang terperinci dan komprehensif program dapat diketahui pada setiap bahasan pada tahapan antecedent, transactions dan outcomes, sehingga lebih mudah menentukan efektivitas manajerialyang dilaksanakan dan untuk antisipatif tindakan perbaikan dan rekomendasi pada program selanjutnya. en_US
dc.subject Program Sekolah Penggerak en_US
dc.subject Efekivitas manajemen en_US
dc.subject Continance Stake en_US
dc.title EFEKTIVITAS MANAJEMEN PROGRAM SEKOLAH PENGGERAK (STUDI DI SMP NEGERI 7 LANGSA) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account