Abstract:
Instagram adalah sebagai tempat untuk membagi foto dengan cara
mengunggahnya agar dapat dilihat oleh khalayak. Dengan demikian komunikasi
antar sesama pengguna Instagram dapat terjalin dengan memberikan tanda suka
dan juga memberi komentar terhadap foto yang telah diunggah oleh pengguna
lainnya. Pengikut juga menjadi salah satu unsur terpenting, dimana jumlah like
berbanding lurus dengan tingkat kebagusan dan kepopuleran foto tersebut. Hal
itu sangat berpengaruh dalam media sosial Instagram. Akun Instagram bernama
@Martabak horor deli serdang berdiri sejak tahun 2022. akun ini adalah sebuah
akun yang memanfaatkan Instagram sebagai media promosi. Pendekatan dalam
penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan
data wawancara dan dokumentasi dan teknik analisis data dengan reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui pemanfaatan Digital sebagai Sarana Media Promosi dari UMKM
Martabak Horror Deli Serdang. Hasil dari penelitian ini pemanfaatan media
digital sebagai sarana promosi efektif dalam memperluas konsumen tetapi masih
memiliki hambatan seperti kurang tekunnya admin media sosial dalam
mengelola media digital yang sudah ada sehingga masih memerlukan
pembaharuan agar memperoleh hasil yang maksimal. Tidak hanya itu media
promosi yang paling efektif yaitu menggunakan voucher pembelian terhadap
konsumen.