Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengawasan
akademik. Fokus penelitian mencakup efektivitas pengawasan terkait standar
proses, kompetensi lulusan, tenaga pendidik, sarana-prasarana, dan standar
pengelolaan di SMP N 2 Kutalimbaru. Evaluasi dilakukan terhadap kondisi aktual
sarana dan prasarana di sekolah, dengan memerhatikan ketersesuaian dengan
standar yang telah ditetapkan. Selain itu, penelitian juga mengeksplorasi
implementasi standar proses pembelajaran, menilai pencapaian standar tersebut.
Dengan analisis mendalam terhadap aspek-aspek ini, diharapkan penelitian ini
dapat memberikan gambaran yang komprehensif mengenai kualitas pendidikan di
SMP N 2 Kutalimbaru.
Metode penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah
Peneliti langsung sebagai pelaksana pendidikan dilingkungan sekolah, sedangkan
objek penelitian ini adalah semua yang bergerak dalam fenomena pengawasan
yaitu Pengawas, kepala sekolah, dan guru.
Hasil penelitian dalam efektivitas pengawasan terkait standar proses SMP N
2 Kutalimbaru, Efektifitas pengawasan terkait kompetensi kelulusan sudah sesuai
dengan ketentuan pusat dan dilihat dari sikap, watak, dan ketaqwaan. Efektivitas
tenaga pendidikan dan kependidikan kurang efektif, karena masuknya penjaga
sekolah menjadi bagian tata usaha yang seharusnya di kelola oleh tenaga khusus
bidang tata usaha. Efektivitas pengawasan terkait standar proses dinilai baik dan
sudah berdasarkan pada Perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses
pembelajaran, penilaian dan pengawasan proses pembelajaran. Pengawasan proses
pendidikan efektif, karena terlaksana sesuai seperti kelengkapan RPP, Silabus,
Media Pembelajaran, dan lainya. Efektifitas Pengawasan terkait Standar
pengelolaan SMP N 2 Kutalimbaru dinilai cukup baik dan dijalankan dengan
mengikuti peraturan dinas pendidikan, akan tetapi terdapat keterbatasan
pengaplikasian kurikulum baik dari segi pemenuhan unsur pendukung dan
kemampuan siswa dalam menerima pembelajaran.