Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : Efektivitas implementasi Kurikulum
Merdeka pada Sekolah Penggerak tingkat SMP Kabupaten Deli Serdang. Faktor
pendukung efektivitas implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak
tingkat SMP Kabupaten Deli Serdang. Kendala yang dihadapi dalam implementasi
Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak tingkat SMP Kabupaten Deli Serdang.
Metode penelitian ini adalah penelitian mix method jenis sequential explanatory
designs. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, kuesioner dan
wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan
kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian dan kesimpulan yaitu : Efektivitas
implementasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah Penggerak tingkat SMP Kabupaten
Deli Serdang sudah terlaksana dengan baik sekali ditinjau dari pendekatan pendidikan
holistik melalui optimalisasi penerapan menggunakan pendekatan pembelajaran
transformatif, prosedur pembelajaran yang fleksibel, pemecahan masalah melalui lintas
disiplin ilmu, pembelajaran yang bermakna, dan pembelajaran melibatkan komunitas
dimana individu berada. Faktor pendukung implementasi Kurikulum Merdeka pada
Sekolah Penggerak tingkat SMP Kabupaten Deli Serdang yaitu komitmen tinggi
seluruh stakeholder, faktor penggunaan metode pembelajaran, strategi pendidikan
holistik, guru yang inovatif dan kreatif, dukungan Kepala Sekolah serta sarana
prasarana pendukung. Kendala yang utama adalah mindset guru yang belum ingin
berubah dan kemampuan guru dalam pelaksanaan IKM tidak merata dan masih ada
beberapa guru yang tidak inovatif, tidak paham teknologi, akses dalam pembelajaran
juga masih bermasalah seperti pembuatan modul ajar, persiapan belajar dan pembuatan
pengembangan masih terkendala dan sarana pendukung dari sekolah belum memadai
serta masih ada beberapa guru yang tidak menerapkan strategi pendekatan pendidikan
holistik. Hasil kuesioner Kepala Sekolah memperoleh skor 304 dengan persentase
84,44% (Baik Sekali), hasil kuesioner guru memperoleh skor 13944 dengan persentase
83,92% (Baik Sekali), hasil kuesioner siswa memperoleh skor 11801 dengan
persentase 81,95% (Baik Sekali). Artinya Efektivitas Implementasi Kurikulum
Merdekapada Sekolah Penggerak tingkat SMP Kabupaten Deli Serdang sudah
terlaksana dengan baik sekali.