Research Repository

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEAKTIFAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD TERPADU MUHAMMADIYAH 36 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author MUHAMMAD RIDWAN, HAKIKI
dc.date.accessioned 2024-07-02T06:50:22Z
dc.date.available 2024-07-02T06:50:22Z
dc.date.issued 2024-06-10
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24439
dc.description.abstract Penelitian dilatar belakangi oleh kurang penggunaan media pembelajaran sehingga menurunnya Keaktifan belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian yaitu bagaimana Keaktifan pembelajaran IPA sebelum dan Setelah penggunaan media Video Animasi siswa kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan,dan apakah pengaruh media pembelajaran Video Animasi terhadap Keaktifan pembelajaran IPA. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana Keaktifan pembelajaran IPA sebelum dan setelah penggunaan media Video Animasi kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan, dan untuk mengatahui apakah terdapat pengaruh media Video Animasi terhadap Keaktifan pembelajaran IPA kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan. Jenis penelitian ini ialah kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan dan waktu yang digunakan saat penelitian ialah bulan Agustus-September 2023 Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan sebanyak 25 orang siswa yang memiliki peran sebagai responden. Hasil penelitian ini menunjukkan sebelum diberikannya kuesioner kepada responden hal yang pertama kali dilakukan memvalidasi kuesioner kepada Ibu Indah Pratiwi S.Pd., M.Pd yang nilainya 100% (valid). Hasil hipotesis dengan menggunakan uji t dapat diketahui bahwa nilai thitung – 10,008 sedangkan ttabel 2,144. Tanda negatif pada thitung bukan menunjukkan dibawah 0 tetapi menunjukkan arah pengaruhnya. ttabel diambil dari tabel berdistribusi t dengan taraf signifikan yang digunakan adalah 0,05 atau 5%, maka hipotesis(Ha) diterima. Dari hasil penelitian yang telah peneliti lakukan, dapat ditarik kesimpulannya bahwa Media Pembelajaran Video Animasi berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan. en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.subject Media Video Animasi en_US
dc.subject Keaktifan Belajar en_US
dc.subject Ilmu Pengetahuan Alam en_US
dc.title PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEAKTIFAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD TERPADU MUHAMMADIYAH 36 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account