Abstract:
Penelitian dilatar belakangi oleh kurang penggunaan media pembelajaran
sehingga menurunnya Keaktifan belajar siswa. Rumusan masalah pada penelitian
yaitu bagaimana Keaktifan pembelajaran IPA sebelum dan Setelah penggunaan
media Video Animasi siswa kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan,dan
apakah pengaruh media pembelajaran Video Animasi terhadap Keaktifan
pembelajaran IPA. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana Keaktifan
pembelajaran IPA sebelum dan setelah penggunaan media Video Animasi kelas
V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan, dan untuk mengatahui apakah
terdapat pengaruh media Video Animasi terhadap Keaktifan pembelajaran IPA
kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan. Jenis penelitian ini ialah
kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan
dan waktu yang digunakan saat penelitian ialah bulan Agustus-September 2023
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36
Medan sebanyak 25 orang siswa yang memiliki peran sebagai responden. Hasil
penelitian ini menunjukkan sebelum diberikannya kuesioner kepada responden
hal yang pertama kali dilakukan memvalidasi kuesioner kepada Ibu Indah Pratiwi
S.Pd., M.Pd yang nilainya 100% (valid). Hasil hipotesis dengan menggunakan
uji t dapat diketahui bahwa nilai thitung – 10,008 sedangkan ttabel 2,144. Tanda
negatif pada thitung bukan menunjukkan dibawah 0 tetapi menunjukkan arah
pengaruhnya. ttabel diambil dari tabel berdistribusi t dengan taraf signifikan yang
digunakan adalah 0,05 atau 5%, maka hipotesis(Ha) diterima. Dari hasil penelitian
yang telah peneliti lakukan, dapat ditarik kesimpulannya bahwa Media
Pembelajaran Video Animasi berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa
dalam pembelajaran IPA kelas V SD Terpadu Muhammadiyah 36 Medan.