dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Kinerja guru bersertifikasi
profesi di SMP Negeri 1 Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara
berdasarkan 4 kompetensi guru, 2) Tugas dan tanggung jawab Guru di SMP
Negeri 1 Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara dalam merancang
perencanaan, pelaksanaan, serta pengevaluasian pembelajaran dengan baik, dan 3)
Dampak yang dihasilkan dalam peningkatan mutu sekolah oleh guru bersertifikasi
profesi di SMP Negeri 1 Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Metode
penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data
penelitian yaitu observasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kinerja dari 4 kompetensi guru
ialah baik , dalam hal kompetensi pedagogik, guru menguasai karakteristik peserta
didik, menguasai teori belajar, prinsip‐prinsip pembelajaran yang mendidik,
mengembangkan kurikulum, kurang mengembangkan potensi peserta didik dan
mengembangkan instrument penilaian. Kompetensi kepribadian, guru
bertanggung jawab, disiplin, tidak suka marah, datang tepat waktu dan tidak
meninggalkan kelas untuk bergosip sesama guru di ruang guru. Kompetensi
sosial, guru kurang bersikap inklusif, belum bertindak objektif, tidak diskriminatif
dan bersahabat. Kompetensi professional, guru sudah baik dalam menguasai
materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan, 2) Tugas dan tanggung jawab
Guru di SMP Negeri 1 Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara dalam
merancang perencanaan, pelaksanaan, serta pengevaluasian pembelajaran ialah
tugas guru pada keempat kompetensi guru dijalankan dengan sudah dijalankan
dengan baik dan difokuskan pada dengan penekanan yaitu pelaksanaan,
perencanaan, dan tindak lanjut pembelajaran serta telah membawa hasil positif,
seperti siswa mengikuti kegiatan olimpiade, dan 3) Dampak yang dihasilkan
dalam peningkatan mutu sekolah oleh guru bersertifikasi profesi di SMP Negeri 1
Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara ialah siswa-siswa yang berprestasi
dalam berbagai bidang dan adanya kesejahteraan serta eksistensi guru dalam
menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran dan pengajaran yang
berkualitas.
Implikasi dalam penelitian ini yaitu 1) Implikasi teoritis, kinerja guru
bersertifikasi profesi mengikuti perkembangan pengetahuan dan memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi dalam memilih sumber belajar dan mengelola
kelas. Tugas dan tanggung jawab guru-guru tersertifikasi di di SMP Negeri 1
Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara sebagai pengajar dapat terlaksana
dengan baik, Dampak dari kinerja guru adanya peningkatan kinerja guru dalam
proses pembelajaran, sehingga visi dan misi sekolah dapat terwujud dengan baik.
2) implikasi praktis, pelaksanaan kebijakan dan perlakuan terhadap guru, meliputi
antara lain sertifikasi kinerja guru dan penilaian kinerja guru. Guru yang
bersertifikasi profesi tidak hanya meningkatkan kompetensi diri guru melainkan
juga bisa mengangkat perekonomian dari guru tersebut. Guru mampu termotivasi
untuk meningkatkan kinerjanya di sekolah. Peningkatan kinerja guru yang
bersertifikasi profesi bisa dilakukan dengan pelatihan, seminar dan workshop |
en_US |