Research Repository

EFEKTIVITAS PELAYANAN PRIMA PADA PROGRAM LAYANAN LUMPUR TINJA TERJADWAL (L2T2) DI KANTOR CABANG PEMASARAN AIR LIMBAH PDAM TIRTANDI KOTA MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author LUBIS, ARAFANI KHAIRUNISA
dc.date.accessioned 2024-07-02T02:07:43Z
dc.date.available 2024-07-02T02:07:43Z
dc.date.issued 2023-09-23
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24422
dc.description.abstract Program Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) merupakan program layanan penyedotan lumpur tinja dari tangki-tangki septik milik rumah masyarakat yang penyedotannya dilakukan secara berkala dan terjadwal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan Prima Pada Program Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) di Kantor Cabang Pemasaran Air Limbah PDAM Tirtanadi Kota Medan. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan analisis data kualitatif, yaitu prosedur pemecahan masalah yang diteliti dengan cara pengamatan, wawancara dengan menggambarkan keadaan dari objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang terlihat secara langsung maupun tanggapan masyarakat sebagaimana adanya. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pelayanan yang diberikan PDAM Tirtanadi kepada masyarakat dengan program Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) sudah berjalan sejak dimulainya program tersebut pada tahun 2020, namun pelayanan yang diberikan terhadap program belum bisa dikatakan prima. Hal ini dikarenakan pelayanan tersebut belum sepenuhnya memenuhi indikator pelayanan prima. PDAM Tirtanadi belum mampu memberikan sosialisasi atau pemahaman menyeluruh sehingga banyak masyarakat yang belum mengetahui adanya program tersebut. Akan tetapi, PDAM Tirtanadi cukup baik dalam penyusunan jadwal penyedotan pelanggan yang cukup sistematis, sehingga pelaksanaan penyedotan dapat berlangsung dengan lebih mudah dan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Pelayanan Prima en_US
dc.subject Layanan Lumpur Tinja Terjadwal en_US
dc.title EFEKTIVITAS PELAYANAN PRIMA PADA PROGRAM LAYANAN LUMPUR TINJA TERJADWAL (L2T2) DI KANTOR CABANG PEMASARAN AIR LIMBAH PDAM TIRTANDI KOTA MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account