Abstract:
Program Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) merupakan program layanan
penyedotan lumpur tinja dari tangki-tangki septik milik rumah masyarakat yang
penyedotannya dilakukan secara berkala dan terjadwal. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui Efektivitas Pelayanan Prima Pada Program Layanan Lumpur
Tinja Terjadwal (L2T2) di Kantor Cabang Pemasaran Air Limbah PDAM Tirtanadi
Kota Medan. Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian deskriptif dengan analisis data kualitatif, yaitu prosedur pemecahan
masalah yang diteliti dengan cara pengamatan, wawancara dengan menggambarkan
keadaan dari objek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang terlihat secara langsung
maupun tanggapan masyarakat sebagaimana adanya. Berdasarkan hasil penelitian,
diketahui bahwa pelayanan yang diberikan PDAM Tirtanadi kepada masyarakat
dengan program Layanan Lumpur Tinja Terjadwal (L2T2) sudah berjalan sejak
dimulainya program tersebut pada tahun 2020, namun pelayanan yang diberikan
terhadap program belum bisa dikatakan prima. Hal ini dikarenakan pelayanan
tersebut belum sepenuhnya memenuhi indikator pelayanan prima. PDAM Tirtanadi
belum mampu memberikan sosialisasi atau pemahaman menyeluruh sehingga
banyak masyarakat yang belum mengetahui adanya program tersebut. Akan tetapi,
PDAM Tirtanadi cukup baik dalam penyusunan jadwal penyedotan pelanggan yang
cukup sistematis, sehingga pelaksanaan penyedotan dapat berlangsung dengan
lebih mudah dan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP)