Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : Strategi Kepala Sekolah dalam
meningkatkan profesionalisme guru di SMP Negeri 1 Hamparan Perak Kabupaten Deli
Serdang, Peran kepemimpinan Kepala Sekolah yang dapat meningkatkan
profesionalisme guru di SMP Negeri 1 Hamparan Perak dan Kendala apa saja yang
dihadapi Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMP Negeri 1
Hamparan Perak. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi dan
wawancara. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan
kesimpulan. Hasil penelitian dan kesimpulan adalah 1. Kepemimpinan kepala sekolah
yang baik akan menghasilkan sebuah kinerja warga sekolah yang baik juga yang
tentunya akan memengaruhi mutu pendidikan. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa
kepemimpinan kepala sekolah yang dilaksanakan sudah baik namun tetap masih
dibutuhkan sebuah program dari kepala sekolah yang lebih baik untuk meningkatakan
mutu profesionalisme guru di SMP Negeri 1 Hamparan Perak.. 2. Peran kepala sekolah
SMPN 1 Hamparan Perak untuk meningkatkan profesionalisme guru sangatlah besar.
Kepala sekolah memimpin dengan demokratis membuat para guru menjadi lebih
nyaman dalam bekerja sehingga profesionalisme itu tercapai sebagai bukti banyaknya
guru yang sudah mengampu pendidikan S2 berkat apresiasi kepala sekolah, kepala
sekolah yang memonitoring segala program yang terlaksana dan dilihat lagi dari
peminat siswa yang ingin masuk ke SMPN 1 Hamparan Perak merupakan bentuk bukti
bahwa guru dan kepala sekolah menjadi kesatuan yang baik. 3. Kendala yang terjadi
dalam kepemimpinan kepala SMPN 1 Hamparan Perak untuk meningkatkan
profesionalisme guru adalah kurangnya waktu kepala sekolah memonitoring kegiatan,
kemudian guru yang kurang memahami sintaks model/metode belajar inovatif dan
fasilitas belajar yang masih belum lengkap.