Research Repository

MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI 1 SIMPANG KANAN ACEH SINGKIL

Show simple item record

dc.contributor.author HANDAYANI, SEPTI
dc.date.accessioned 2024-07-02T01:19:55Z
dc.date.available 2024-07-02T01:19:55Z
dc.date.issued 2024-03-30
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24416
dc.description.abstract Tujuan penelitian untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Simpang Kanan. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif dilaksanakan di SMA Negeri 1 Simpang Kanan. Penggunaan tekhnik pengumpulan data obsrvasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perencanaan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja profesionalisme guru dengan merencanakan secara matang dengan memperhatikan berbagai aspek yang berkaitan serta perlu pengelolaan tenaga pendidik yang meliputi Pengelolaan Grup MGMP, Penggunaan Metode Pembelajaran, Penggunaan Media dan Sumber Belajar. Pengorganisasian Kepala Sekolah kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMA Negeri 1 Simpang Kanan Aceh Singkil dengan menyusun kegiatan Tahapan pembagian tugas, pembagian tugas, Rapat Yang terjadwal dan Sususan Rangkaian Kerja Guru. Pelaksanaan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru dengan melakukan Mengadakan dan mengikutsertakan guru dalam pembentukan MGMP oleh kepala skeolah maisng maisng guru mata pelajara, dengan adanya kegiatan tersebut membantu guru untuk membentuk skill dan kemampuan mengajar guru, kedua penggunaan metode pembelajaran dan ketiga penggunaan media dan sumber pembelajaran guna untuk membantu siswa lebih memahami kegiatan proses pembelajaran yang berkaitan dengan kurikulum guru, didalamnya silabus, RPP dan penilaian. Pengawasan terhadap guru, hal ini kepala sekolah menggunakan tiga teknik pengawasan yaitu kunjungan kelas, observasi kelas, kunjungan antar kelas, akan tetapi teknik kunjungan antar kelas ini kepala sekolah hanya memberikan arahan dan bimbingan, karena guru sendiri yang langsung mengadakan kunjungan antar kelas . dengan menggunakan tiga teknik ini kepala sekolah dapat mengetahui masalah yang terjadi pada guru dan mengetahui bagaimana perkembangan guru dalam menjalankannya en_US
dc.subject Manajemen Kepala Sekolah en_US
dc.subject Kinerja Profesionalisme Guru en_US
dc.title MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI 1 SIMPANG KANAN ACEH SINGKIL en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account