Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaa peneliti, dalam
penelitian ini : BagaimanaPengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning
Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa SMK Swasta Bayu Pertiwi 1
Sunggalditinjau dari hasil belajar siswa. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI
SMK Bayu Pertiwi 1 Sunggal T.P. 2016/2017, yang berjumlah 35 orang dan yang
menjadi objek penelitian ini adalah untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran
Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Siswa SMK
Swasta Bayu Pertiwi 1 Sunggal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes dan observasi
meliputi (Aktivitas belajar siswa)
Pada hasil tes awal diperoleh rata-rata hasil belajar siswa sebesar 62,90%
dengan 10 siswa yang tuntas dan 25 siswa yang tidak tuntas. Sedangkan pada tes
siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar 67,70% dengan 19 siswa yang tuntas dan 16
siswa yang tidak tuntas. dan pada tes siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar 75,10%
dengan 31 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang tidak tuntas.Berdasarkan deskripsi
tersebut diatas, sehingga dapat disimpulkan Problem Based Learning bahwa
pembelajaran Akuntansi yang dilaksanakan dengan menggunakan model pada pokok
bahasan Mengelolah kartu utang efektif pada siswa kelas kelas XI SMK Bayu Pertiwi
1 Sunggal T.P. 2016/2017