Abstract:
Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan
kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berhitung siswa pada
pembelajaran matematika dengan penerapan metode jarimatika pada di kelas IV
SD Negeri 064965 Sidodame. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun
ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas iv yang berjumlah 20
siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan metode jarimatika untuk
meningkatkan keterampilan berhitung siswa. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus
yang terdiri dari empat tahapan adalah perencanaan, tindakan, observasi dan
refleksi. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara guru wali kelas dengan
peneliti. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta lembar soal tes. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa penerapan metode jarimatika dapat meningkatkan
keterampilan berhitung siswa. Peningkatan tersebut ditunjukkan dari keberhasilan
siswa dalam memahami keterampilan berhitung. Peningkatan dapat dilihat dari
skor rata -rata keterampilan berhitung dari pratindakan sampai siklus II. Pada
pratindakan, rata rata siswa memperoleh 65,5 dengan presentase 25%, pada siklus
I memperoleh 69,5 dengan presentase 40% dan pada siklus II memperoleh 83,5
dengan presentase 80%. Peningkatan keterampilan berhitung siswa dengan
penerapan metode jarimatika dari siklus I sampai siklus II sebanyak 8 siswa
dengan sebesar 40%. Peningkatan lembar observasi aktivitas siswa dari siklus I
sampai siklus II sebanyak 8 siswa dengan sebesar 40%. Sedangkan lembar
observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 83% dan aktivitas guru pada siklus
II sebesar 96%