Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran akuntansi
menggunakan model pembelajaran The Learning Cell dengan bantuan Media
Video dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Swasta IRA
Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017 pada pokok bahasan Jurnal Penyesuaian.
Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMK Swasta IRA Medan Tahun
Pembelajaran 2016/2017 yang berjumlah 41 orang siswa dalam 1 kelas.
Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran The Learning
Cell dengan Bantuan Media Video Instrumen penelitian yang digunakan adalah
tes dan observasi. Adapun hasil belajar siswa setelah menggunakan media bagan
untuk siklus I siswa yang tuntas berjumlah 25 siswa (60.98 %) dan yang tidak
tuntas berjumlah 16 siswa (39.02 %), sedangkan untuk hasil belajar siklus II siswa
yang tuntas berjumlah 37 siswa (90.24 %) dan yang tidak tuntas berjumlah 4
siswa (9.76 %). Hasil observasi siklus I aktivitas nilai maksimum sebesar 26 dan
nilai minimum sebesar 10, sedangkan hasil observasi siklus II aktivitas nilai
maksimum sebesar 30 dan nilai minimum sebesar 12. Berdasarkan hasil tersebut
diketahui bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa telah meningkat dan berhasil