Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas X Ak
SMK Swasta YPK Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model
Pembelajaran Probing Prompting Berbantuan Lembar Kerja Berstruktur Terhadap Hasil Belajar
Akuntansi Siswa Kelas X di SMK Swasta YPK Medan Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian yang dilaksanakan di SMK Swasta YPK Medan yang beralamat di Jalan Sakti
Lubis gg.Amal no. 25 . Populasi yang digunakan adalah seluruh kelas X Ak yang terdiri dari dua
kelas yang berjumlah 73 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive
sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah kelas X Ak 1 yang berjumlah 39
orang sebagai sampel penelitian.
Dari hasil analisis data pre-test diperoleh mean 50,51 dan standar deviasi 9,9864.
Sedangkan untuk data post-test mean 90,25 dan standar deviasi 8,1069. Penelitian menggunakan
uji Liliefors untuk mengetahui normalitas data hasil belajar dan menggunakan uji F untuk
mengetahui homogenitas data. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua
pihak dengan dk = N-1 pada α= 0,05. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu
21,8635 >2,02, yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Model Pembelajaran Probing
Prompting Berbantuan Lembar Kerja Struktur Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X
di SMK Swasta YPK Medan Tahun Ajaran 2016/2017.