Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variasi mengajar guru dalam
mengatasi kejenuhan siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di MTS Al
Washliyah Tanjung Beringin. Kejenuhan belajar didefenisikan sebagai kelelahan
fisik, emosional, dan mental yang dialami oleh siswa yang ditandai dengan
penurunan minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran bahasa arab.
Metode penelitian yang digunakan dalam ini : Pendekatan dalam penelitian ini
adalah penelitian kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field
research). Sumber data nya adalah data sekunder dan primer yang penelitian ini
adalah siswa dan guru mata pelajaran bahasa Arab. Pengumpulan data
menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Upaya yang dilakukan oleh guru yaitu : membuat suasana kelas yang
menyenangkan, mewajibkan siswa untuk memiliki kamus bahasa arab, terus
memotivasi siswa, menumbuhkan perasaan cinta terhadap pembelajaran bahasa
arab, pendidik membiasakan menggunakan bahasa arab dalam proses
pembelajaran bahasa arab berlangsung sehingga siswa terbiasa menggunakan
bahasa arab, pendidik mewajibkan siswa menghafal kosakata disetiap mata
pelajaran bahasa arab.