Research Repository

ANALISIS TINGKAT KESELAMATAN PENYEBERANG MENGGUNAKAN PEDESTRIAN RISK INDEX (PRI) (STUDI KASUS PADA SISWA PENYEBERANG DI SMPN 2 KOTA BINJAI)

Show simple item record

dc.contributor.author ZIDAN, RAMADHAN SYAHRUL ARI
dc.date.accessioned 2024-07-01T02:12:27Z
dc.date.available 2024-07-01T02:12:27Z
dc.date.issued 2024-02-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24359
dc.description.abstract Dari hasil studi Institut Studi Transportasi (INSTRAN) didapatkan bahwa 65% kecelakaan dengan fatalitas tinggi dialami oleh pejalan kaki. Hal ini membuktikan bahwa keselamatan pejalan kaki sangat rendah dan sangat beresiko menjadi korban kecelakaan lalu lintas. Dari data tersebut juga diketahui bahwa mayoritas korban kecelakaan adalah pejalan kaki yang menyeberang. Konflik lalu lintas telah terbukti efektif dalam meningkatkan keselamatan secara preventif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keselamatan penyeberang jalan berdasarkan tingkat risiko yang dinyatakan dengan Pedestrian Risk Index (PRI). Studi kasus dilakukan terhadap siswa pejalan kaki di SMPN 4 Kota Binjai. Data-data yang diperlukan dalam perhitungan Pedestrian Risk Index (PRI) didapatkan dari observasi lapangan, observasi dilakukan selama lima hari dari hari Senin sampai hari Minggu, dimana untuk pagi hari survei dilakukan dari jam 07.00 – 09.000, Siang hari 12.00 – 14.00 dan untuk sore hari dilakukan dari jam 17.00 – 19.00. Data dalam penelitian ini berupa data konflik lalu lintas yang didapatkan dari analisa hasil survei penyeberangan. Data dianalisis lebih lanjut untuk mendapatkan nilai Pedestrian Risk Index (PRI). Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai PRI berdasarkan jenis penyeberangan dan jam penyeberangan, yaitu penyeberangan tunggal memiliki nilai PRI rata-rata lebih tinggi yaitu sebesar 74,58 daripada penyeberangan berkelompok dengan nilai PRI rata-rata sebesar 33,90. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penyeberangan berkelompok memiliki tingkat keselamatan lebih tinggi dibandingkan dengan penyeberangan tunggal dan penyeberangan yang dilakukan pada sore hari memiliki tingkat keselamatan lebih tinggi dibandingkan dengan penyeberangan yang dilakukan pada pagi hari. en_US
dc.subject Tingkat Keselamatan en_US
dc.subject Pejalan Kaki en_US
dc.subject Konflik Lalu Lintas en_US
dc.title ANALISIS TINGKAT KESELAMATAN PENYEBERANG MENGGUNAKAN PEDESTRIAN RISK INDEX (PRI) (STUDI KASUS PADA SISWA PENYEBERANG DI SMPN 2 KOTA BINJAI) en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account