Research Repository

MANAJEMEN SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR GUPPI USWATUN HASANAH PEMATANGSIANTAR

Show simple item record

dc.contributor.author SARIA ENDANG MANULLANG, RASMAULI
dc.date.accessioned 2024-07-01T01:49:34Z
dc.date.available 2024-07-01T01:49:34Z
dc.date.issued 2023-12-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24351
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Untuk mengetahui (1) manajemen sekolah dalam implementasi kurikulum 2013 disekolah GUPPI Uswatun Hasanah Pematang Siantar; (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi manajemen sekolah dalam implementasi kurikulum 2013 ; (3) Untuk mengetahui upaya mengatasi kendala pelaksanaan manajemen Sekolah dalam Implementasi Kurikululum 2013. Metode penelitian yang digunakan pendekatan dengan kualitatif menggunakan jenis penelitian studi kasus.Temuan hasil penelitian adalah: (1) Manajemen Sekolah dalam implementasi Kurikulum 2013 meliputi: Pelaksanaan manajemen Kurikululum 2013 meliputi; Perencanaan dengan mengadakan KKG guru untuk menyusunProta,Prosem,RPP..Pelaksanaan dilakukan penerapan kegiatan belajar sesuai RPP , metode pembelajaran yaitu saintifik, kepala sekolah melakukan monitoring kelas. Penilaian dilakukan dengan penilaian harian, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester dimana prinsip penilaian tidak jauh berbeda dengan penilaian Kurikulum Merdeka yang saat ini akan berlangsung dimana penilaian harian diubah dengan formatif,sumatif lingkup materi, sumatif akhir materi.(2) Kendala manajemen sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013, pertama pola pikir guru yang belum menerapkan penilaian autentik secara optimal; kedua, kurang mahirnya guru dalam menggunakan ICT (Information, Communication, technology); ketiga kelengkapan buku mata pelajaran yang masih kurang; keempat, jumlah peserta didik yang banyak. (3) Upaya dalam mengatasi kendala pelaksanaan manajemen kurikululm 2013 Sekolah Dasar GUPPI Uswatun Hasanah diantaranya: pertama, melakukan workshop kurikulum 2013, memanfaatkan KKG disetiap tema , kedua kendala yang muncul seperti pada saat membuat RPP dapat diatasi bersama atau masalah penilaian yang saat ini masih menjadi merupakan kesulitan guru, dan ketiga menciptakan suatu aplikasi khusus untuk membantu guru dalam penilaian. en_US
dc.subject Manajemen en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Kurikulum 2013 en_US
dc.title MANAJEMEN SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR GUPPI USWATUN HASANAH PEMATANGSIANTAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account