Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Untuk mengetahui (1) manajemen
sekolah dalam implementasi kurikulum 2013 disekolah GUPPI Uswatun
Hasanah Pematang Siantar; (2) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi
manajemen sekolah dalam implementasi kurikulum 2013 ; (3) Untuk mengetahui
upaya mengatasi kendala pelaksanaan manajemen Sekolah dalam Implementasi
Kurikululum 2013. Metode penelitian yang digunakan pendekatan dengan
kualitatif menggunakan jenis penelitian studi kasus.Temuan hasil penelitian
adalah: (1) Manajemen Sekolah dalam implementasi Kurikulum 2013 meliputi:
Pelaksanaan manajemen Kurikululum 2013 meliputi; Perencanaan dengan
mengadakan KKG guru untuk menyusunProta,Prosem,RPP..Pelaksanaan
dilakukan penerapan kegiatan belajar sesuai RPP , metode pembelajaran yaitu
saintifik, kepala sekolah melakukan monitoring kelas. Penilaian dilakukan
dengan penilaian harian, penilaian tengah semester dan penilaian akhir semester
dimana prinsip penilaian tidak jauh berbeda dengan penilaian Kurikulum
Merdeka yang saat ini akan berlangsung dimana penilaian harian diubah dengan
formatif,sumatif lingkup materi, sumatif akhir materi.(2) Kendala manajemen
sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013, pertama pola pikir guru yang
belum menerapkan penilaian autentik secara optimal; kedua, kurang mahirnya
guru dalam menggunakan ICT (Information, Communication, technology);
ketiga kelengkapan buku mata pelajaran yang masih kurang; keempat, jumlah
peserta didik yang banyak. (3) Upaya dalam mengatasi kendala pelaksanaan
manajemen kurikululm 2013 Sekolah Dasar GUPPI Uswatun Hasanah
diantaranya: pertama, melakukan workshop kurikulum 2013, memanfaatkan
KKG disetiap tema , kedua kendala yang muncul seperti pada saat membuat RPP
dapat diatasi bersama atau masalah penilaian yang saat ini masih menjadi
merupakan kesulitan guru, dan ketiga menciptakan suatu aplikasi khusus untuk
membantu guru dalam penilaian.