Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui kinerja sekolah dalam
mengimplementasi merdeka belajar di SMP Negeri 5 Satu Atap Sitellu Tali Urang
Jehe Pakpak Bharat. 2) untuk mengetahui kendala kinerja sekolah dalam
mengimplementasi merdeka belajar di SMP Negeri 5 Satu Atap Sitellu Tali Urang
Jehe Pakpak Bharat. 3) untuk mengetahui solusi mengatasi kinerja sekolah dalam
mengimplementasi merdeka belajar di SMP Negeri 5 Satu Atap Sitellu Tali Urang
Jehe Pakpak Bharat. Metode penelitian adalah kualitatif. Teknik analisis data dalam
penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan
wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Kinerja
sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka belajar di SMP Negeri 5
Satu Atap Sitellu Tali Urang Jehe Pakpak Bharat belum maksimal karena sebagian
guru belum bisa beradaptasi dengan kurikulum merdeka belajar, modul ajar sudah
tersedia namun belum ditemukan pelaksanaan pembelajaran berdifferensiasi
meskipun kepala sekolah sudah merancang semua kegiatan sosialisasi, guru juga
sudah menerapkan kurikulum Merdeka belajar di sekolah. 2) Kendala kinerja
sekolah dalam impelmentasi kurikulum Merdeka belajar di SMP Negeri 5 Satu
Atap Sitellu Tali Urang Jehe Pakpak Bharat adalah sarana dan prasarana yang tidak
lengkap, kemudian kurangnya sosialisasi dan pendampingan kurikulum Merdeka
bagi guru-guru, kemudian kurangnya kemampuan pedagogik guru dalam
mengimplementasikan kurikulum Merdeka belajar terutama terkait P5.Solusi
Mengatasi Kinerja Sekolah Dalam Implementasi Merdeka Belajar di SMP Negeri
5 Satu Atap Sitellu Tali Urang Jehe Pakpak Bharat adalah guru harus kompak dan
memotivasi dirinya untuk lebih mengupgrade kemampuan diri, guru membutuhkan
pelatihan, pendampingan kurikulum Merdeka belajar dan sarana dan prasarana
perlu dilengkapi agar proses belajar mengajar berjalan dengan baik.