Abstract:
Kegiatan Majoring di suatu lembaga pendidikan menjadi salah satu indikator
kualitas pendidikan di dalamnya secara menyeluruh. Bahkan, dalam sekolah-sekolah
unggulan program majoring/kokurikuler mendapatkan prioritas utama dalam rangka
mengangkat prestige Sekolah yang dikelolanya. Fokus penelitian ini adalah adanya
menejemen kegiatan majoring dalam mengembangkan minat dan bakat siswa.
Pertanyaan Penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan program majoring untuk
mengembangkan minat dan bakat siswa di Sekolah National Plus Carnegie Medan?; (2)
Bagaimanakah pengimplementasian program majoring untuk mengembangkan minat
dan bakat siswa di Sekolah national pus Carnegie Medan?; (3) Bagaimanakah evaluasi
yang dilakukan pada program Majoring untuk meningkatkan minat dan bakat siswa di
sekolah National Plus Carnegie Medan ?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.
Subyek penelitian ini adalah Quality Control,Guru Pembina Majoring serta murid.
Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana 2014 yaitu pengumpulan data, data
condensation, data display, dan conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan program majoring dilakukan
sebelum tahun ajaran berlangsung dengn mengajukan proposal kepada kepala sekolah,
guru pembina harus membuat goals,reward dan consequences yang akan diterima. (2)
Pengimplementasian program majoring dilakukan sesuai dengan SOP dan buku panduan
yang telah dimiliki masing-masing 3) Evaluasi yang dilakukan di sekolah dilakukan oleh
Quality control dengan menggunakan system Alkin(UCLA) yang mana supervisor
sebagai perantara dengan kepala sekolah.