Abstract:
Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas Kurikulum Merdeka dalam mengembangkan kompetensi profesional guru di SMP Negeri 8 Tebing Tinggi.dengan jenis penelitian mix metode. penelitian ini di laksanakan di SMP Negeri 8 Tebing tinggi menggunakan tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi, dan angket. tekhnik analisis data dengan menggunakan penyajian data, reduksi data dan pengolahan data. hasil penelitian Perencanaan kompetensi profesional di SMP Negeri 8 Tebing Tinggi meliputi mengolah materi ajar dengan suasana yang menyenangkan dan memanfaatkan teknologi sebagai sumber belajar. kepala sekolah membimbingan guru untuk terus dapat meningkatkan kualitas mengajarnya, guru menerapkan kurikulum merdeka di SMP Negeri 8 Tebing Tinggi. dengan meluangkan waktu untuk mempersiapkan pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menantang setiap harinya.Pelaksanaan kurikulum merdeka dalam meningkatkan kompetensi professional guru mampu mengembangkan secara berkelanjutan. dengan melakukan tindakan reflektif terhadap kinerja, sedangkan tingkat kompetensi professional guru yang termasuk dalam kategori paling rendah terdapat pada indikator guru mampu menguasai kompetensi mata pelajaran yang diampu baik standar kompetensi maupun kompetensi dasar. Evaluasi kurikulum merdeka terhadap efektivitas dalam mengembangkan kompetensiprofesional guru di SMP Negeri 8 Tebing Tinggi meliputi Guru dalam menguasai materi, struktur, konsep dan pola fikir Kedua Guru Mampu Memanfaatkan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Mengembangkan Diri Dalam Berkomunikasi..Efektifitas tingkatkecendrungan adanya peningkatan kompetensi profesional guru dengan nilai mean 78,11%dan median 79.00% sehingga dengan kepemimpinan kepala sekolah adanya dampak untuk kompetensi profesional guru di SMP Negeri 8 Tebing Tinggi.