Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kepemimpinan instruksional kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Yayasan Perguruan Keluarga Pematang Siantar. Penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif melalui beberapa instrument yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi . Adapun analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan kesimpulan yang bertujuan untuk mendapatkan data primer dan data sekunder.
Dalam melaksanakan penelitian ini narasumber mendapatkan informasi melalui kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Adapun tehnik dalam mengumpulkan data dengan melaksanakan wawancara terhadap narasumber yang bertujuan mendapatkan informasi tentang hal yang diteliti, observasi yang bertujuan mengamati tindakan dan sikap yang sesuai dilapangan serta dokumentasi yang bertujuan untuk menemukan data dalam bentuk foto kegiatan selama penelitian dilaksanakan.
Maka dalam hal ini sesuai hasil penelitian yang dilaksanakan bahwa keefektifan kepemimpinan instruksional kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sudah efektif dengan kepemimpinan instruksional kepala sekolah dalam memotivasi guru, selalu hadirnya kepala sekolah dalam membimbing program guru serta adanya saling membantu antara sesama guru yaitu guru senior dan guru junior dalam mendukung tugas guru sehingga kepemimpinan instruksional dapat meningkat dengan baik. Berkaitan dengan hal tersebut bahwa meningkatnya kinerja guru disebabkan memanagemen dalam merencanakan kelas dengan baik yang dilakukan guru dikelas .Oleh karena itu, keefektivan kepemimpinan instrusional kepala sekolah telah memberikan dampak untuk peningkatan kinerja guru disekolah.