Research Repository

ANALISIS PEMASARAN BAWANG MERAH VARIETAS BATU IJO DI DESA HATINGGIAN KECAMATAN LUMBAN JULU KABUPATEN TOBA

Show simple item record

dc.contributor.author MANURUNG, RISTA
dc.date.accessioned 2024-06-29T04:29:43Z
dc.date.available 2024-06-29T04:29:43Z
dc.date.issued 2023-09-22
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/24330
dc.description.abstract Penelitian ini dilaksanakan di Desa Hatinggian. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu 1).Untuk menganalisis saluran pemasaran bawang merah varietas batu ijo di Desa Hatinggian, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba. 2). Untuk menganalisis shere margin pemasaran bawang merah varietas batu ijo di daerah penelitian. 3). Untuk menganalisis efesiensi pemasaran bawang merah varietas batu ijo di daerah penelitian. Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara vorposive. Sampel petani dalam penelitan ini sebanyak 30 orang, sampel pedagang pengumpul sebanyak sebanyak 3 orang dan sampel pedagang pengecer sebanyak 5 orang. Metode penentuan sampel penelitian dilakukan secara sensus. Metode analisis data untuk rumusan masalah pertama di analisis dengan analisis deskriptif, rumusan masalah kedua dianalisis dengan metode share margin dan rumusan masalah ketiga dianalisis dengan rumus total biaya pemasaran dibagi harga beli konsumen akhir dikali 100%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 2 saluran pemasaran dan share margin pada saluran I sebesar 75% dan saluran pemasaran II sebesar 80%, kemudian nilai efesiensi saluran pemasaran I adalah 5,2% dan saluran pemasaran II 4,34% menunjukan lebih efesien saluran ke II karena (5,2 < 4,34) en_US
dc.subject Pemasaran en_US
dc.subject Share Margin en_US
dc.subject Efisiensi Pemasaran en_US
dc.title ANALISIS PEMASARAN BAWANG MERAH VARIETAS BATU IJO DI DESA HATINGGIAN KECAMATAN LUMBAN JULU KABUPATEN TOBA en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account