Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan di Desa Hatinggian. Adapun tujuan dari
penelitian ini yaitu 1).Untuk menganalisis saluran pemasaran bawang merah
varietas batu ijo di Desa Hatinggian, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba.
2). Untuk menganalisis shere margin pemasaran bawang merah varietas batu ijo
di daerah penelitian. 3). Untuk menganalisis efesiensi pemasaran bawang merah
varietas batu ijo di daerah penelitian.
Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara vorposive. Sampel
petani dalam penelitan ini sebanyak 30 orang, sampel pedagang pengumpul
sebanyak sebanyak 3 orang dan sampel pedagang pengecer sebanyak 5 orang.
Metode penentuan sampel penelitian dilakukan secara sensus. Metode analisis
data untuk rumusan masalah pertama di analisis dengan analisis deskriptif,
rumusan masalah kedua dianalisis dengan metode share margin dan rumusan
masalah ketiga dianalisis dengan rumus total biaya pemasaran dibagi harga beli
konsumen akhir dikali 100%.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat 2 saluran pemasaran dan
share margin pada saluran I sebesar 75% dan saluran pemasaran II sebesar 80%,
kemudian nilai efesiensi saluran pemasaran I adalah 5,2% dan saluran pemasaran
II 4,34% menunjukan lebih efesien saluran ke II karena (5,2 < 4,34)