Abstract:
Tujuan Penelitian ini ada 3 yaitu Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Prespektif
Syaikh Abi Zakariya An-Nawawi Asy-Syafi’i Dalam Kitab At-Tibyan Fii Adabi
Hamalati Al Qur’an, keistimewaan pendidikan akhlak Syaikh Abi Zakariya An Nawawi Asy-Syafi’i Dalam Kitab At-Tibyan Fii Adabi Hamalati Al Qur’an dan
relevansi Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Prespektif Syaikh Abi Zakariya An Nawawi Asy-Syafi’i Dalam Kitab At-Tibyan Fii Adabi Hamalati Al Qur’an.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif dan menggunakan jenis
penelitian kajian kepustakaan atau library research yang berarti telaah yang
dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu
pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang
relevan metode pengumpulan data yaitu metode berfikir deskriptif analisis, yaitu
penelitian yang dilakukan secara sistematis terhadap catatan-catatan atau
dokumen sebagai sumber data. Sumber data yang dijadikan bahan-bahan dalam
penelitian ini berasal dari berbagai literatur kepustakaan yang mempunyai kaitan
dengan konsep-konsep pendidikan Islam dalam Kitab At-Tibyan Fii Adabi
Hamalati Al-Qur’an Karangan Syaikh Abi Zakariya An-Nawawi Asy-Syafi’i.
Hasil penelitian ini menunj
\\\\\\ukkan bahwa Konsep-konsep pendidikan akhlak dalam Kitab At-Tibyan Fii
Adabi Hamalati Al-Qur’an karangan Syaikh Abi Zakaria An-Nawawi Asy-Syafi’i
ialah sebagai berikut: 1) Hendaklah membersihkan dan mensucikan hati 2)
Mencari guru yang sempurna 3) Berpenampilan baik dan sopan 4) Bersikap
sopan dan menjaga kemuliaan majelis guru 5) Belajar ketika hati guru tenang 6)
Semangat dan istiqomah 7) Belajar diwaktu pagi. Keistimewaan pendidikan
akhlak Syaikh Abi Zakariya An-Nawawi Asy-Syafi’i Dalam Kitab At-Tibyan Fii
Adabi Hamalati Al Qur’an ialah sebagai berikut: 1) Rabbaniyah atau dinisbatkan
kepada Rabb (Tuhan). 2) Insaniyah (manusiawi). Sesungguhnya akhlak Islam
memiliki sebuah risalah atau misi yang sangat penting yaitu memerdekakan
manusia, membahagiakan, menghormati dan memuliakan manusia. 3)
Syumuliyah (Universal dan mencakup semua sisi kehidupan). Universalitas Islam
meliputi semua zaman, kehidupan dan eksistensi manusia. 4) Wasathiyah
(Bersikap Pertengahan). Karakteristik lain dalam Islam yang cukup menonjol
adalah wasathiyah (sikap pertengahan). Kemudian relevansi Konsep-konsep
Pendidikan akhlak dalam Kitab At-Tibyan Fii Adabi Hamalati Al-Qur’an
karangan Syaikh Abi Zakaria An-Nawawi Asy-Syafi’i dengan tujuan pendidikan
islam yaitu berkaitan dengan akhlak dan pola kehidupan sehari- hari baik secara
individu maupun bermasyarakat.