Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena komunikasi generasi Z Kota
Medan dalam interaksi di warung kopi. Seiring berjalannya waktu, fenomena
komunikasi ini membentuk pola komunikasi saat mereka berinteraksi di warung
kopi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pola komunikasi generasi Z
Kota Medan dalam interaksi di warung kopi. Teori yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu uraian tentang komunikasi, pola komunikasi, interaksi social
dan untuk mengetahui apa penghambat dalam interaksi komunikasi generasi z
kota medan di warung kopi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif
dengan analisis kualitatif. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan
narasumber yang merupakan generasi z sebanyak 7 orang. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pola komunikasi generasi z dalam interaksi di warung kopi
terdapat dari beberapa kebiasaan mereka yang mencakup intensitas berkunjung ke
warung kopi baik frekuensi kunjungan maupun durasi dan waktu berada di
warung kopi yang bervariasi. Selain itu juga di dibentuk oleh yang mereka
bicarakan seperti tentang hobi, pengalaman, pekerjaan dan seabgainya. Antusias
saat berada di wi warung kopi berupa diskusi dalam mengerjakan tugas, curhat
dan sebagainya. Peran individu saat berkomunikasi sebagai pembicara, pendengar
memberi komentar. Setiap orang bebas berbicara, terbuka, posisi setara,
memberikan komentar dalam suasana santai. Berdasarkan pembasan ini peneliti
menilai bahwa pola komunikasi generasi z dalam interaksi di warung kopi di kota
Medan membantu pola komunikasi persamaan (equity pattern) yaitu yaitu semua
anggota diberi kesempatan secara bebas untuk berkomunikasi atau
mengemukakan ide-ide, opini, pendapat serta kepercayaan