Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas X Ak
2
2
SMK Muhammadiyah 04 Medan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh metode penugasaan berbantuan media video terhadap
hasil belajar siswa kelas X Ak
SMK Muhammadiyah 04 Medan Tahun
Pembelajaran 2016/2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 04 Medan yang
beralamat di Jl. Medan Belawan KM.22,5 Komp. Masjid Raya Taqwa Belawan
Bahari Medan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 3 kelas yaitu X Ak1, X
Ak2 dan X Ak3 yang berjumlah 104 siswa, sedangkan sampel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah kelas X Ak2 yang berjumlah 33 siswa teknik
pengambilan sampel adalah purposive sampling. Jenis penelitian yang digunakan
adalah Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pre-Eksperimental design
dengan bentuk one group pretest-posttest only design, instrument dalam penelitian
ini menggunakan tes tertulis berbentuk subjektif tes (essay), tes yang digunakan
dalam penelitian ini sebanyak 5 butir item yang terlebih dahulu diuji validitas dan
reliabilitasnya.
Dari hasil analisis data pre test diperoleh mean 71,57 dan standar deviasi
8,91, sedangkan data post test diperoleh mean 83,52 dengan standart deviasi 6,84.
Penelitian ini menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas data hasil
belajar dan uji F untuk mengetahui homogenitas data. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan uji t dari perhitungan hipotesis diperoleh nilai thitung = 7,448
dan nilai ttabel = 2,04 (Lampiran 16:97) dengan taraf signifikan α = 0,05 kriteria Ha
diterima apabila thitung > ttabel dan Ho ditolak apabila thitung< ttabel. Dari data tersebut
diperoleh thitung = 7,448 > ttabel = 2,04, itu artinya Ha diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Metode
Penugasan berbantuan Media Video terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada
indikator membuat jurnal penyesuaian dan mengoreksi kesalahan pencatatan
siswa kelas X Ak2 SMK Muhammadiyah 04 Medan Tahun Pembelajaran
2016/2017.