Abstract:
Bullying merupakan tindakan yang mengganggu mengusik ataupun menyakiti
seseorang baik itu secara fisik ataupun psikis, verbal maupun non-verbal.
Perilaku ini sering terjadi secara berulang-ulang dan dalam waktu yang lama.
Seseorang yang menjadi korban bullying memiliki risiko yang besar dalam
masalah kesehatan dan yamg paling sering di jumpai ialah masalah mental.
Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tanda
semiotika pada simbol, ikon dan indeks tentang bullying dalam iklan layanan
masyarakat “Bijak Bermedia” dengan menggunakan analisis semiotika Charles
Sanders Pierce.Penelitian ini diteliti menggunakan penelitian deskriptif
kualitatif, dimana deskriptif kualitatif ialah cara mengungkapkan fenomena,
menjelaskan, memahami gejala dengan memusatkan perhatian dan
menggambarkannya menggunakan kata-kata dengan hasil penelitian kualitatif
deskriptif ini akan lebih mendalam dengan suatu peristiwa, fenomena, ataupun
gejala. Hasil penelitian ini dalam Iklan Layanan Masyarakat “Bijak Bermedia”
yang terdiri dari 4 scene yang telah di analisis, yakni kontak verbal secara
langsung, mengintimidasi pelaku bullying, perilaku non-verbal langsung
menampilkan ekspresi muka, cyberbullying tindakan menyakiti orang lain
dengan sarana media elektronik