Abstract:
Komunikasi keluarga merupakan komunikasi yang berlangsung dalam sebuah
keluarga, yakni cara seorang anggota keluarga untuk berhubungan dengan anggota
keluarga lainnya, sebagai tempat untuk menanamkan serta mengembangkan nilainilai yang diperlukan sebagai pegangan hidup.Belajar adalah suatu proses
perubahan tingkah laku melalui pendidikan atau lebih khusus melalui prosedur
latihan. Menurut pandangan tradisional belajar adalah usaha memperoleh
sejumlah ilmu pengetahuan.Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pola
komunikasi keluarga dalam meningkatkan semangat belajar pada anak di
Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang.Metode dalam penelitian ini
pendekatan kualitatif dalam melakukan penelitian ini yaitu melalui penelitian
wawancara dan dokumentasi yang bersifat deskriptif.Teknik analis data melalui
tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian
menunjukkaan bahwa pola komunikasi keluarga pada penelitian ini cenderung
menggunakan pola komunikasi persamaan(Equality Pattern)