Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa Lembar Kerja
Peserta Didik (LKPD) berwawasan karakter toleransi pada mata pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan dikelas IV SD Negeri 101783 Saentis. LKPD
disesuaikan dan disusun dengan langkah-langkah pada model pembelajaran
kooperatif learning, materi berupa keberagaman budaya bangsaku yang dikemas
dalam soal-soal Pendidikan karakter. Pengembangan LKPD ini dilakukan dengan
menggunakan metode R&D (Reserch & Development), dengan menggunakan
model 3D, model pengembangan 3D terdiri dari define, design, dan develop.
Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop karena peneliti tidak
bertujuan untuk mengetahui efektivitas produk yang telah dikembangkan. Hasil
kelayakan pada LKPD berwawasan karakter toleransi yang didapat sangat baik
secara keseluruhan. Penilaian validasi ahli materi yaitu 90% dengan kategori
sangat valid. Hasil penilaian validasi ahli desain yaitu 86,9% dengan kategori
sangat valid. Dan hasil penilaian validasi ahli Bahasa yaitu 96,65% dengan
kategori sangat valid. Adapun hasil penilaian kepraktisan oleh guru yaitu 95,9%
dengan kriteria sangat praktis dan hasil penilaian kepraktisan oleh peserta didik
yaitu 83,2% dengan kategori sangat praktis, sehingga LKPD layak untuk
digunakan dilingkungan Sekolah Dasar (SD).