Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis
karangan deskripsi sebelum menggunakan penerapan pembelajaran Contextual
Teaching and Learning dan meningkatkan keterampilan menulis karangan
deskripsi setelah menggunakan penerapan pembelajaran Contextual Teaching
and Learning kelas V SDS Muhammadiyah 11 tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan menulis karangan
deskripsi siswa kelas V SDS Muhammadiyah 11 dengan menggunakan
pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Subjek dalam Penelitian ini
adalah Keterampilan menulis kelas V SDS Muhammadiyah 11 29 siswa. Objek
Penelitian ini adalah Keterampilan menulis karangan deskripsi kelas V SDS
Muhammadiyah 11 yang didukung oleh semua komponen yang diterapkan sesuai
dengan perencanaan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan
hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa SDS Muhammadiyah 11 Tahun
Pelajaran 2022/2023. Teknik analisis data ini adalah penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Pembelajaran Contextual
Teaching and Learning dapat meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan
Deskripsi Kelas V SDS Muhammadiyah 11 Tahun Pelajaran 2022/2023.
Peningkatan dapat dilihat dari skor rata-rata keterampilan menulis karangan
deskripsi dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I pengolahan hasil belajar
siswa menunjukkan 8 siswa (28%) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan
21 siswa (72%) belum mencapai ketuntasan belajar sehingga pada siklus I
persentase ketuntasan belajar masih rendah yaitu 28% dengan nilai rata-rata
58,65. Sedangkan pada siklus II hasil pengolahan data menunjukkan 28 siswa
(96,56%) yang mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 1 siswa (3,44%) belum
mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 82,75. Karena telah mencapai
kriteria ketuntasan yaitu 80% siswa memperoleh nilai lebih atau sama dengan
KKM (65) maka penelitian ini dikatakan berhasil.