Abstract:
Tujuan Penelitian adalah Efektivitas Implementasi kurikulum Tematik Terhadap
Kemampuan Literasi dan Numerasi (Studi di SD Negeri Pangkalan Sulampi Aceh
Singkil). dimana penelitian ini dilakukan di SD Negeri Pangkalan Sulampi Aceh
Singkil. Menggunakan tekhnik pengumpulan data observasi, wawncara dan
dokumentasi . Hasil menunjukkan bahwa Penyusunan perangkat pembelajaran
kurikulum Tematik Terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi (Studi di SD
Negeri Pangkalan Sulampi Aceh Singkil) terdiri dari kegiatan perencanaan pada
pertemuan pertama, kedua dan ketiga yaitu guru menyiapkan rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP), guru menganalisis misi dan tujuan pembelajaran, guru juga
menganalisis bagaimana karakter dan motivasi belajar siswa. Pengembangan
sillabus kurikulum Tematik Terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi (Studi
di SD Negeri Pangkalan Sulampi Aceh Singkil) dengan Melakukan Evaluasi test
tentang materi yang telah disampaikan. Serta Guru juga melaksanakan tes setiap
Capaian Pembelajaram yang dipelajari telah selesai. Proses implementasi
kurikulum kurikulum Tematik Terhadap Kemampuan Literasi dan Numerasi
(Studi di SD Negeri Pangkalan Sulampi Aceh Singkil) dilaksanakan melalui
berpikir reflektif serta disusun berdasarkan kebutuhan siswa meliputi kebutuhan
rasa aman dan nyaman dengan hak siswa sebagai anak dapat terpenuhi.