Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh
media pembelajaran berbasis Aplikasi Powtoon terhadap hasil belajar akuntansi
siswa. Permasalahan di dalam penelitian ini merupakan rendahnya hasil belajar
siswa kelas X yang terdiri dari satu kelas dan jumlah 30 orang siswa. Penelitian
ini bertujuan untuk mendeskripsikan penelitian yang dilakukan oleh (Tiwow et al.,
2022), (Sari & Manurung, 2021), (Yulia & Ervinalisa, 2017) dan (Aliyah &
Purwanto, 2022) mengatakan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran
animasi powtoon pada hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari nilai tes pretest
dan posttest siswa dan dari hasil uji yang dilakukan sebelumnya.
Berdasarkan data hasil pengujian media video animasi pembelajaran
powtoon dan pengumpulan data yang digunakan untuk mengetahui hasil yang
diinginkan yaitu menggunakan angket dan tes adalah valid dan bisa diujikan
untuk menilai kelayakannya di dalam proses pembelajaran. Media video animasi
pembelajaran powtoon ini valid karena dari hasil pengujian nilai sig < 0,05. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pada pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel
(6,677 > 0,367). Hal ini diartikan bahwa pada daerah penolakan Ho dan
penerimaan Ha dalam hal ini pengajuan diterima, artinya program yang dibuat
telah sesuai dengan tujuan yang akan dicapai. Nilai hasil belajar siswa pada materi
jurnal khusus sebelum menggunakan media adalah 56,6 % sedangkan nilai skor
siswa setelah menggunakan media Aplikasi Powtoon adalah 94,5 %. Hal ini
menunjukkan ada peningkatan hasil belajar siswa setelah diajar menggunakan
media Aplikasi Powtoon berupa video animasi pada materi jurnal khusus di SMK
X Akuntansi Yapim Belawan