Abstract:
Metode Fun Teaching adalah salah satu metode pembelajaranyang menciptakan
suasana belajar yang gembira dan menyenangkan, sehingga peserta didik dapat
mengikuti proses belajar mengajar dengan baik. Penyajian metode belajar yang
bervariatif perlu diberikan kepada siswa agar tidak terjadi kejenuhan dalam
belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas Metode Fun
Teaching dalam meningkatkan kemampuan demonstrasi siswa pada
pembelajaran IPA di Kelas V SDN 064985. Jenis penelitian ini termasuk
penelitian tindakan kelas. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan
sampling purposive. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A yang
berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penilitian
ini berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan demonstrasi siswa sebelum
menggunakan metode fun teaching diperoleh rata-rata sebesar 40,9 dan
kemampuan demonstrasi siswa setelah menggunakan metode fun teaching
diperoleh rata-rata sebesar 88,48. Metode fun teaching efektif dalam
meningkatkan kemampuan demonstrasi siswa kelas V SDN 064985.