Abstract:
Peran komunikasi pada umumnya sangat berpengaruh dalam setiap kegiatan yang
akan dilakukan di dalam sebuah perusahaan, seperti pelaksanaan Corporate Social
Responsibility (CSR) yang terkendala karena masalah komunikasi antara pengelola
kegiatan dengan masyarakat yang menjadi sasaran program kegiatan. Berangkat
dari hal itu, maka dipandang perlu adanya strategi komunikasi CSR. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi CSR PT
Padasa Enam Utama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi, strategi komunikasi,
komunikasi CSR dan kesejahteraan masyarakat. Jenis penelitian ini adalah
deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dimana menggunakan objek penelitian
melalui metode wawancara, dokumentasi, dan observasi dan ada tiga alur kegiatan
yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan atau kesimpulan. Analisis data
dilakukan dengan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan data
yang diperoleh melalui hasil penelitian dengan informan sebanyak 3 orang
diantaranya Humas PT Padasa Enam Utama, Karyawan PT Padasa Enam Utama
dan Masyarakat di sekitar PT Padasa Enam Utama, Teluk Dalam, Asahan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi CSR PT Padasa Enam
Utama dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yaitu berkomunikasi
langsung dengan pihak pemerintahan desa setempat, lalu pihak desa ataupun
masyarakat mengajukan proposal kepada PT Padasa Enam Utama. Dalam upaya
meningkatkan kesejahteraan masyarakat PT Padasa Enam Utama tidak mempunyai
program CSR secara khusus, selain atas permintaan desa ataupun masyarakat,
seperti membantu perbaikan jalan, pencucian kanal, bantuan dana kegiatan di
masjid dan juga bantuan sembako.