Abstract:
Pemilihan calon legislatif merupakan salah satu bentuk sarana demokrasi.
Dalam pemilihan calon legislatif keterlibatan tim sukses sangat menentukan dalam
merebut jumlah suara pemilih. Melalui tim sukses pula masyarakat jauh lebih
mudah mengenal sosok pemimpin yang diidamkan masyarakat. Maka dari itu
dalam mengkuti kontestasi pemilihan calon legislatif membutuhkan strategi untuk
meraih suara terbanyak pada pemilu. Dengan menggunakan teori Analisis SWOT,
marketing politik, dna komunikasi politik peneliti ingin mengetahui bagaimana
strategi yang digunakan oleh GS dalam pemilihan umum Caleg DPRD Kota Binjai.
Dengan Metode penelitian deskrptif kualitatif dimana teknik pengumpulan data
yang gunakan berdasarkan wawancara mendalam dan observasi. Teknik analisis
yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil
dari penelitian ini adalah analisis SWOT yang digunakan dalam menentukan
strategi untuk berkampanye GS meraih suara terbanyak pada pemilihan calon
legislative di daerah pemilihannya yatu menempati angka 3.995 pemilih. Hal ini
tidak jauh target karena mereka menargetkan 4.500 pemilih, itu berarti 80% dari
target mereka sudah terpenuhi.