Abstract:
Pada era digital seperti sekarang ini, media digital telah menjadi bagian penting
dalam promosi usaha, termasuk di industri cafe. Media digital dapat menjadi alat
yang efektif untuk meningkatkan visibilitas bisnis dan menarik minat pelanggan
potensial. Dalam tulisan ini, akan dibahas tentang pemanfaatan media digital
sebagai media promosi di petcafé medan. tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana pemanfaatan media digital sebagai media promosi di pet
cafe medan. Dalam penelitian ini teori yang digunakan adalah Teori Harold
Laswell. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan
menganalisis data,mengolah dan menarik kesimpulan secara kualitatif deskripstif.
Hasil penelitian kami menemukan bahwa media digital memiliki peran yang
sangat penting dalam meningkatkan eksposur dan daya tarik pet cafe di Medan.
Dalam hal ini, media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter adalah
platform yang paling efektif, karena mereka memungkinkan pemilik pet cafe
untuk berinteraksi langsung dengan pengunjung potensial. Kami juga menemukan
bahwa konten visual seperti foto dan video sangat efektif dalam menarik minat
pengunjung. Mengunggah foto-foto lucu dan menggemaskan dari hewan
peliharaan yang ada di pet cafe, serta video yang menunjukkan aktivitas seru di
dalam pet cafe, dapat membuat orang-orang tertarik untuk mengunjungi dan
berbagi pengalaman mereka dengan media sosial mereka sendiri