Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Al-Masniari
dalam pembelajaran tahfidz al-Qur’an, dampak implementasi metode Al-Masniari
terhadap tahfidz al-Qur’an dan faktor-faktor yang mendukung dan menghambat
implementasi metode Al-Masniari di Madrasah Aliyah Yayasan Islamic Centre
Sumatera Utara. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif lapangan (field
research). Penelitian kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan kata-kata dan
tindakan untuk memahami fenomena yang dialami objek penelitian yang alamiah
atau pada konteks dari suatu keutuhan, dalam penelitian ini instrumennya adalah
pembelajaran Alqur’an, sehingga jenis penelitian yang digunakan adalah
kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa
dengan adanya Metode menghafal Al-Masniari dikenal juga dengan istilah 3M,
Yaitu; Menghafal, Menulis, dan Memahami. Implementasi metode ini terlihat
mempermudah siswa dalam menghafal ayat-ayat al-Qur'an, tidak hanya sekedar
hafal, tetapi mampu menuliskan serta memahami kandungan dan isi dari ayat
yang dihafalnya, Selain kepada siswa, metode ini juga mempermudah guru
pembimbing untuk memantau hafalan siswanya serta lebih mudah dalam
membuat laporan perkembangan hafalan setiap siswa.